Maguwo Criterium adalah acara balap sepeda yang di selenggarakan oleh kumpulan panitia dari berbagai dukungan sponsor perusahaan. Tidak hanya itu, acara ini juga mendapat perhatian dari suatu lembaga perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta. Sponsor lain seperti cycling apparel Avelio, Wahoo, IGPSport, Pocari Sweat, Mou Gelato, Agoge Coffee, dan Manis Legit turut hadir meramaikan acara bazar di sekitar arena balapan. Balap sepeda Maguwo Criterium ini bertaraf Nasional dan sudah mendapat izin dari Indonesian Cycling Federation (ICF). Meskipun tidak melibatkan Dinas Pariwisata dan Pemkot setempat, namun acara Maguwo Criterium dapat berjalan baik dan lancar sesuai prosedurnya. Balapan ini diikuti oleh atlet Nasional, Pelatda, dan pembalap hobbies lainnya. Regulasi balapan terdiri dari balap sepeda Usia di bawah 30 tahun, di atas 30 tahun, sepeda lipat roda di bawah 20 (Under 20), sepeda lipat roda di atas 20 (Upper20) dan sepeda kuno (Penny-Farthing)

Pada acara balap sepeda kali ini, salah satu mahasiswa dari Universitas PGRI Yogyakarta mengikuti pertandingan balap sepeda tipe sepeda lipat roda di atas 20. Kebetulan balap sepeda ini hanya mengitari arena yang telah disediakan oleh panitia terkait balapan criterium. Balapan ini merupakan balapan yang memiliki babak yaitu penyisihan dan final. Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta, Muhammad Nur Alif (Vlog Fila) telah berhasil mendapatkan prestasi pada kejuaraan Maguwo Criterium kategori sepeda lipat roda di atas 20 (Upper 20) dengan meraih juara ke-2.

Dengan memperoleh prestasi pada acara balap sepeda Maguwo Criterium tersebut, semoga dapat meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa UPY yang memiliki hobi balap sepeda untuk tetap berlatih dan diharapkan mampu berprestasi di kejuaran-kejuaran yang lain. (peb)